Selasa, 04 November 2014

Deskripsi dan Analisis Multimedia

1.      Deskripsi tetang Multimedia
Multimedia terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Arti kata dari multi yaitu banyak, dan arti kata dari media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada khalayak yang dapat merangsang perhatian, pikiran dan perasaan orang lain sehingga mampu menggerakkan orang lain ke dalam proses belajar.

Sehingga arti dari multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Secara singkat multimedia adalah gabungan berbagai media menjadi satu (menggunakan dua jenis media atau lebih) untuk menarik audience dan digunakan sebagai media.
Bentuk multimedia yaitu yang menjadi indra penglihatan (visual) dan indra pendengaran (audio). Contoh visual yaitu teks, foto atau gambar. Ada juga video (gambar gerak) atau animasi (gambar rekaan) yaitu gambar visual yang dapat bergerak. Contoh dari audio yaitu suara.
Multimedia dapat di definisikan menjadi dua kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication. Multimedia content production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivy) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, film, game, dll). Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Contohnya : media teks, audio, video, graph / image, interactivy, spesial effect.
Multimedia communication adalah penggunaan media (massa) untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertainment, news, education, dll. Contohnya : televisi, radio, film, media cetak, entertainment, tutorial, ICT (internet).
Multimedia mempunyai karakteristik yaitu multimedia linear dan multimedia non linear. Multimedia linear yaitu sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi yang lainnya atau dalam arti singkat bisa di katakan multimedia yang belum interaktif. Dan multimedia non linear yaitu struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas tidak oleh rute yang ditentukan atau dalam arti singkat bisa di katakan multimedia yang sudah interaktif.
Multimedia dapat disajikan dalam beberapa metode antara lain :
·         Berbasis kertas (Paper-based)
Contoh : buku, majalah, brosur
·         Berbasis cahaya (Light-based)
Contoh : slide show, transparansi
·         Berbasis suara (Audio-based)
Contoh : CD players, tape recoder, radio
·         Berbasis gambar bergerak (Moving image-based)
Contoh : televisi, VCR (Video Cassete Recorder), film
·         Berbasis digital (Digitally-based)
Contoh : komputer, laptop
Multimedia dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan untuk mengajar peserta didik. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai pengajaran dan memiliki peran penting, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Kegunaan media dalam pembelajaran antara lain :
·         Media mampu memberikan rangsangan yang bervariasi kepada otak
·         Mengatasi keterbatasan pengalaman siswa
·         Media dapat melampaui batas ruang kelas
·         Media memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dan lingkungan
·         Media menghasilkan keseragaman pengamatan
·         Media membangkitkan keinginan dan minat baru
·         Media membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar
·         Media memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri

2.      Analisis tentang multimedia dan media dengan menggunakan kata apa, mengapa dan bagaimana
1)      Apa
Pertanyaan :
Apakah multimedia itu? Apa saja kategori yang bisa mendefinisikan tentang multimedia?
Jawab :
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Secara singkat multimedia adalah gabungan berbagai media menjadi satu (menggunakan dua jenis media atau lebih) untuk menarik audience dan digunakan sebagai media.
Multimedia dapat di definisikan menjadi dua kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication. Multimedia content production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivy) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, film, game, dll). Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Contohnya : media teks, audio, video, graph / image, interactivy, spesial effect.
Multimedia communication adalah penggunaan media (massa) untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertainment, news, education, dll. Contohnya : televisi, radio, film, media cetak, entertainment, tutorial, ICT (internet).
2)      Mengapa
Pertanyaan :
Mengapa multimedia harus dibuat menarik?
Jawab :
Agar dalam penyampaian pesan atau informasi dapat merangsang perhatian, pikiran dan perasaan orang lain sehingga orang lain dapat lebih tertarik dan paham akan hal yang dijelaskan menggunakan multimedia. Terutama jika penggunaan multimedia seperti media (massa) untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertainment, news, education harus tampil menarik.
3)      Bagaimana
Pertanyaan :
Bagaimana kegunaan media pembelajaran dalam pendidikan?
Jawab :
Kegunaan multimedia dalam pembelajaran antara lain :
·         Media mampu memberikan rangsangan yang bervariasi kepada otak
·         Mengatasi keterbatasan pengalaman siswa
·         Media dapat melampaui batas ruang kelas
·         Media memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dan lingkungan
·         Media menghasilkan keseragaman pengamatan
·         Media membangkitkan keinginan dan minat baru
·         Media membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar
·         Media memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar