1.
Deskripsi
tetang Multimedia
Multimedia terdiri dari dua suku
kata, yaitu multi dan media. Arti kata dari multi yaitu banyak, dan arti kata dari
media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau
informasi kepada khalayak yang dapat merangsang perhatian, pikiran dan perasaan
orang lain sehingga mampu menggerakkan orang lain ke dalam proses belajar.
Sehingga arti dari multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,
animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Secara singkat multimedia adalah gabungan berbagai media menjadi satu
(menggunakan dua jenis media atau lebih) untuk menarik audience dan digunakan
sebagai media.
Bentuk multimedia yaitu yang menjadi
indra penglihatan (visual) dan indra pendengaran (audio). Contoh visual yaitu teks,
foto atau gambar. Ada juga video (gambar gerak) atau animasi (gambar rekaan)
yaitu gambar visual yang dapat bergerak. Contoh dari audio yaitu suara.
Multimedia dapat di definisikan
menjadi dua kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia
communication. Multimedia content production adalah penggunaan dan pemrosesan
beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivy) yang
berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia
(musik, video, film, game, dll). Atau penggunaan sejumlah teknologi yang
berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi. Contohnya : media teks, audio, video, graph / image,
interactivy, spesial effect.
Multimedia communication adalah
penggunaan media (massa) untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan
material advertising, publicity, entertainment, news, education, dll. Contohnya
: televisi, radio, film, media cetak, entertainment, tutorial, ICT (internet).
Multimedia mempunyai karakteristik
yaitu multimedia linear dan multimedia non linear. Multimedia linear yaitu sebuah
struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame
atau bite informasi yang lainnya atau dalam arti singkat bisa di katakan
multimedia yang belum interaktif. Dan multimedia non linear yaitu struktur
multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas tidak oleh rute yang
ditentukan atau dalam arti singkat bisa di katakan multimedia yang sudah
interaktif.
Multimedia dapat disajikan dalam
beberapa metode antara lain :
·
Berbasis kertas
(Paper-based)
Contoh
: buku, majalah, brosur
·
Berbasis cahaya
(Light-based)
Contoh
: slide show, transparansi
·
Berbasis suara
(Audio-based)
Contoh
: CD players, tape recoder, radio
·
Berbasis gambar
bergerak (Moving image-based)
Contoh
: televisi, VCR (Video Cassete Recorder), film
·
Berbasis
digital (Digitally-based)
Contoh
: komputer, laptop
Multimedia dimanfaatkan dalam
berbagai bidang kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan untuk mengajar
peserta didik. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai pengajaran dan
memiliki peran penting, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
Kegunaan media dalam pembelajaran antara lain :
·
Media mampu
memberikan rangsangan yang bervariasi kepada otak
·
Mengatasi
keterbatasan pengalaman siswa
·
Media dapat
melampaui batas ruang kelas
·
Media
memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dan lingkungan
·
Media
menghasilkan keseragaman pengamatan
·
Media
membangkitkan keinginan dan minat baru
·
Media
membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar
·
Media
memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri
2.
Analisis
tentang multimedia dan media dengan menggunakan kata apa, mengapa dan bagaimana
1)
Apa
Pertanyaan
:
Apakah
multimedia itu? Apa saja kategori yang bisa mendefinisikan tentang multimedia?
Jawab
:
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu
(tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Secara singkat multimedia adalah
gabungan berbagai media menjadi satu (menggunakan dua jenis media atau lebih)
untuk menarik audience dan digunakan sebagai media.
Multimedia dapat di definisikan menjadi dua kategori, yaitu
multimedia content production dan multimedia communication. Multimedia content
production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio,
graphics, animation, video dan interactivy) yang berbeda untuk menyampaikan
informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, film, game, dll).
Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Contohnya :
media teks, audio, video, graph / image, interactivy, spesial effect.
Multimedia communication adalah penggunaan media (massa) untuk
mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising,
publicity, entertainment, news, education, dll. Contohnya : televisi, radio,
film, media cetak, entertainment, tutorial, ICT (internet).
2)
Mengapa
Pertanyaan
:
Mengapa
multimedia harus dibuat menarik?
Jawab
:
Agar dalam penyampaian pesan atau informasi dapat merangsang
perhatian, pikiran dan perasaan orang lain sehingga orang lain dapat lebih
tertarik dan paham akan hal yang dijelaskan menggunakan multimedia. Terutama
jika penggunaan multimedia seperti media (massa) untuk mempublikasikan /
menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertainment,
news, education harus tampil menarik.
3)
Bagaimana
Pertanyaan
:
Bagaimana
kegunaan media pembelajaran dalam pendidikan?
Jawab
:
Kegunaan multimedia dalam pembelajaran antara lain :
·
Media mampu
memberikan rangsangan yang bervariasi kepada otak
·
Mengatasi
keterbatasan pengalaman siswa
·
Media dapat
melampaui batas ruang kelas
·
Media
memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dan lingkungan
·
Media
menghasilkan keseragaman pengamatan
·
Media
membangkitkan keinginan dan minat baru
·
Media
membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar
·
Media
memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar