Kamis, 11 September 2014

Keyword pada Java bagian 1






Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Java berorientasi objek dan tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya.
Kelas bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe maka pada saat program jalan, menciptakan objek-objek yang merupakan instan-instan kelas. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak mengijinkan pewarisan jamak namun menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang lebih elegan.


Kelebihan Java :
  •  Multiplatform. Dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer. 
  • OOP (Object Oriented Programming). Pemrograman Berorientasi Objek. 
  • Perpustakaan yang lengkap. Mempunyai kumpulan-kumpulan program yang disertakan dalam pemrograman java yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. 
  • Bergaya C++. Memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ berpindah ke java. 
  • Pengumpulan sampah ptomatis. Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.
Kekurangan Java : 
  • Penggunaan memori yang banyak. Untuk program berbasis java jauh lebih besar pemakaian memorinya dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya.

Banyak kata kunci (keyword) yang digunakan pada pemrograman java. Berikut ini adalah daftar keyword pada Java :  

1. Abstract

Definisi :


Abstract adalah kata kunci digunakan untuk menyatakan kelas atau metode untuk menjadi Abstract. Sebuah metode abstrak tidak memiliki implementasi. Semua kelas yang berisi metode abstrak harus diri mereka abstrak, walaupun tidak semua kelas abstrak memiliki metode abstrak. Objek dari kelas yang abstrak tidak dapat instantiated, tetapi dapat diperpanjang oleh kelas lain. Semua subclass dari kelas abstrak baik harus menyediakan implementasi untuk semua metode abstrak, atau juga harus abstrak.

Contoh Syntax :
        public abstract class MyClass

        {

        }

        public abstract String myMethod ();

Keterangan :
  • Sebuah kelas dengan metode abstrak secara inheren dan harus dinyatakan abstrak. 
  • Sebuah kelas abstrak tidak dapat dipakai.
  •  Sebuah subclass dari kelas abstrak hanya bisa dpakai jika menerapkan semua metode abstrak super-classnya.kelas seperti ini disebut kelas konkret untuk membedakan mereka dari kelas abstrak.
  •  Jika subclass dari kelas abstrak tidak mengimplementasikan semua metode abstrak superclass, yang subclass juga abstrak. 
  •  Kata kunci abstrak tidak dapat diterapkan pada metode yang statis, pribadi atau final, karena metode tersebut tidak dapat diganti dan karena itu tidak dapat diimplementasikan dalam subclass.
  •  Tidak ada metode kelas akhir mungkin abstrak sejak kelas akhir tidak dapat subclassed.

2. Assert

Definisi :
Aserrt adalah kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar di titik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, suatu Assertion error dilemparkan dan program berakhir. Kata kunci ini dimaksudkan untuk membantu dalam debugging . 

3. Boolean
Definisi :
Boolean kata kunci digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan suatu nilai boolean, yaitu, baik true atau false. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.
Contoh Syntax :
        boolean valid = true;

        if (valid)

        {

        <Pernyataan>

        }

Keterangan :
·         Sebuah variabel boolean hanya dapat mengambil nilai benar atau salah. Sebuah boolean tidak dapat dikonversi atau dari setiap jenis klasifikasi.
·         Pernyataan yang berisi operan boolean hanya dapat berisi operan boolean.
·         Kelas boolean adalah kelas wrapper untuk tipe primitif boolean. 
  
4. Break
Definisi :
Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program di pernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini atau pernyataan.jika diikuti oleh sebuah label , program resume eksekusi pada pernyataan segera setelah pernyataan berlabel melampirkan atau memblokir.
Contoh Syntax :
        for (i=0; i<max; i++)

        {

        if (<loop finished early>)

        {

        break;

        }

        }

        int type = <some value>;

        switch (type)

        {

        case 1:

        <statement>

        break;

        case 2:

        <statement>

        break;

        default:

        <statement>

        }

            Keterangan :
·         Break selalu keluar dari terdalam melampirkan sementara, untuk melakukan atau switch pernyataan.

5. Byte

Definisi :
Byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Contoh Syntax :
               byte b = 124;

            Keterangan :
·         Kelas byte adalah kelas wrapper untuk byte bertipe tipe primitif. Ini mendefinisikan MIN_VALUE dari kontanta MAX_Value mewakili rentang nilai untuk jenis ini.
·         Semua literal integer dalam Java adalah nilai-nilai int 32-bit kecuali nilai diikuti oleh I atau L seperti di 235L, menunjukkan nilai harus ditafsirkan sebagai panjang.

6. Case

Definisi :
Case kata kunci digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch.
Contoh Syntax :
        int arg = <beberapa nilai>;

        switch (arg)

        {

        case 1:

        <Pernyataan>

        break;

        case 2:

        <Pernyataan>

        break;

        default:

        <Pernyataan>

        break;

        }

            Keterangan :
·         Block case tidak memiliki titik akhir implisit. Sebuah pernyataan break biasanya digunakan pada akhir setiap blok case untuk keluar dari pernyataan swich.
·         Tanpa pernyataan break, aliran eksekusi akan mengalir ke semua case atau default.

7. Catch

Definisi :
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan di blok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci. Kode itu akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adalah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa.
Contoh Syntax :
        try

        {

        <Block yang dapat membuang pengecualian>

        }

        catch (<java.lang.Exception atau subclass> e)

        {

        <Kode untuk menangani pengecualian e>

        }

        try

        {

        <Block yang dapat membuang pengecualian yang berbeda>

        }

        catch (FooException e)

        {

        <Kode untuk menangani FooException e>

        }

        catch (BarException e)

        {

        <Kode untuk menangani BarException e>

        }

        try

        {

        <Block yang dapat membuang pengecualian>

        }

        catch (<java.lang.Exception atau subclass> e)

        {

        <Kode untuk menangani pengecualian e>

        }

        finnaly

        {

        <Pernyataan yang mengeksekusi dengan atau tanpa kecuali>

        }
            Keterangan :
·         Pembukaan dan pentutupan kurung kurawal { dan } adalah bagian dari sintaks klausa catch dan mungkin tidak dihilangkan bahkan jika klausa berisi pernyataan tunggal.
·         Setiap blok try harus memiliki minimal satu catch atau klausa finnaly.
·         Jika kelas pengecualian tertentu tidak ditangani oleh klausa catch, pegecualian merambat panggilan tersebut tumpukan ke blok melampirkan coba berikutnya, rekursif. Jika eksepsi tidak tertangkap oleh blok try, interpretor Java akan keluar dengan pesan kesalahan dan stack trace.

8. Char

Definisi :
Char  kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe char.
            Contoh Syntax :
               Char pembatas = ';';
           
Keterangan :
            Konstanta char yang tersedia :
            \b : Backspace
            \f : Form feed
\n : Newline
\r : Carriage return
\t : Horizontal tab
\’ : Kutipan tunggal
\” : Kutipan ganda
\ : Blackslash

9. Class

Definisi :
Suatu jenis yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek tertentu. Sebuah definisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan metode, dan kelas batin serta menentukan antarmuka kelas dan segera mengimplementasikan superclass kelas. Jika superclass tidak secara eksplisit ditentukan, superclass secara implicit object.
            Contoh Syntax :
        public classRectangle

        {

        float width;

        float height;

        public Rectangle(float w, float h)

        {

        width = w;

        height = h;

        }

        public float getWidth()

        {

        return width;

        }

        public float getHeight()

        {

        return height;

        }

        } 

10. Const

Definisi :
Meskipun reserved sebagai kata kunci di Java, const tidak digunakan dan memiliki fungsi.

11. Continue

Definisi :
Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop saat ini. Jika diikuti dengan label, continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop berlabel melampirkan.
            Contoh Syntax :
        for (i = 0; i <max, i ++)

        {

        <Pernyataan>

        if (<dilakukan dengan iterasi ini>)

        {

        melanjutkan;

        }

        <Pernyataan>

        }
           
            Keterangan :
·         Selalu melompat ke literasi berikurnya dari yang terdalam, untuk memunculkan pernyataan.

12. Default

Definisi :
Default dapat digunakan dalam sebuah pernyataan switch untuk label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika tidak ada case cocok dengan nilai yang ditentukan.
            Contoh Syntax :
               int arg = ;
        switch (arg)
        {
        case 1:

        break;
        case 2:

        break;
        default:

        break;
        }
            Keterangan :
·         Sebuah blok default tidak memiliki akhir implisit. Sebuah pernyataan break biasanya digunakan pada akhir dari masing-masing cas atau blok standar untuk keluar dari pernyataan switch setelah selesainya blok.
·         Tanpa pernyataan default, pernyataan switch yang sesuai argumen blok case tidak akan melakukan apa-apa.

13. Do

Definisi :
Do kata kunci yang digunakan bersama dengan while untuk membuat sebuah do-while loop, yang menjalankan suatu blok statemen berkaitan dengan loop dan kemudian tes ekspresi boolean yang terkait dengan while. Jika ekspresi bernilai true, blok dijalankan lagi, ini terus sampai ekspresi bernilai false.
            Contoh Syntax :
               do
        {

        }
        while (!found);
           
Keterangan :
·         Tubuh loop do selalu dijalankan minimal sekali.
·         Titik koma setelah ekspresi kondisi selalu dibutuhkan.

14. Double

Definisi :
Double kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe double.
            Contoh Syntax :
        doubleratio = .01;
        doublediameter = 6.15;
        doubleheight = 1.35E03; // 1.35 * 103or 1350.0
        doubleheight = 1e−2; // 1.0 * 10−2or 0.01

            Keterangan :
·         Sejak floating tipe titik data perkiraan bilangan real, umumnya tidak pernah bandingkan angka floating point untuk kesetaraan.
·         Nomor floating point Java dapat mewakili infinity dan NaN (bukan angka). Kelas wrapper ganda mendefinisikan kontanta MIN_VALUE, MAX_VALUE, NEGATIVE_INFINITY, POSITIVE_INVINITY, dan NaN.

15. Else

Definisi :
Else kata kunci yang digunakan bersama dengan if untuk membuat pernyataan if-else yang menguji suatu ekspresi boolean,  jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang terkait dengan else dievaluasi.
            Contoh Syntax :
        if (kondisi)



        {



        <Pernyataan>



        }



        else



        {



        <Pernyataan>



        }

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar