Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat
dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Java berorientasi
objek dan tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas
metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah
melakukan tugasnya.
Kelas bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe maka pada saat
program jalan, menciptakan objek-objek yang merupakan instan-instan kelas.
Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak mengijinkan pewarisan jamak namun
menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang lebih
elegan.
Kelebihan Java :
- Multiplatform. Dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer.
- OOP (Object Oriented Programming). Pemrograman Berorientasi Objek.
- Perpustakaan yang lengkap. Mempunyai kumpulan-kumpulan program yang disertakan dalam pemrograman java yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
- Bergaya C++. Memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ berpindah ke java.
- Pengumpulan sampah ptomatis. Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.
Kekurangan Java :
- Penggunaan memori yang banyak. Untuk program berbasis java jauh lebih besar pemakaian memorinya dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya.
Banyak kata kunci (keyword) yang digunakan pada pemrograman java. Berikut
ini adalah daftar keyword pada Java :
1. Abstract
Definisi :
1. Abstract
Definisi :
Abstract adalah kata kunci digunakan untuk menyatakan
kelas atau metode untuk menjadi Abstract. Sebuah metode abstrak tidak memiliki
implementasi. Semua kelas yang berisi metode abstrak harus diri mereka abstrak,
walaupun tidak semua kelas abstrak memiliki metode abstrak. Objek dari kelas
yang abstrak tidak dapat instantiated, tetapi dapat diperpanjang oleh kelas
lain. Semua subclass dari kelas abstrak baik harus menyediakan implementasi
untuk semua metode abstrak, atau juga harus abstrak.
Contoh Syntax :
public
abstract class MyClass
{
}
public
abstract String myMethod ();
Keterangan :
- Sebuah kelas dengan metode abstrak secara inheren dan harus dinyatakan abstrak.
- Sebuah kelas abstrak tidak dapat dipakai.
- Sebuah subclass dari kelas abstrak hanya bisa dpakai jika menerapkan semua metode abstrak super-classnya.kelas seperti ini disebut kelas konkret untuk membedakan mereka dari kelas abstrak.
- Jika subclass dari kelas abstrak tidak mengimplementasikan semua metode abstrak superclass, yang subclass juga abstrak.
- Kata kunci abstrak tidak dapat diterapkan pada metode yang statis, pribadi atau final, karena metode tersebut tidak dapat diganti dan karena itu tidak dapat diimplementasikan dalam subclass.
- Tidak ada metode kelas akhir mungkin abstrak sejak kelas akhir tidak dapat subclassed.
2. Assert
Definisi :
Aserrt adalah kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE
1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar di
titik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan
dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, suatu Assertion error dilemparkan
dan program berakhir. Kata kunci ini dimaksudkan untuk membantu dalam debugging
.
3. Boolean
3. Boolean
Definisi :
Boolean kata kunci digunakan untuk menyatakan suatu
bidang yang dapat menyimpan suatu nilai boolean, yaitu, baik true atau false.
Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan
nilai tipe Boolean.
Contoh Syntax :
boolean
valid = true;
if (valid)
{
<Pernyataan>
}
Keterangan :
·
Sebuah variabel boolean
hanya dapat mengambil nilai benar atau salah. Sebuah boolean tidak dapat
dikonversi atau dari setiap jenis klasifikasi.
·
Pernyataan yang berisi
operan boolean hanya dapat berisi operan boolean.
·
Kelas boolean adalah
kelas wrapper untuk tipe primitif boolean.
4. Break
4. Break
Definisi :
Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program di
pernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini atau pernyataan.jika
diikuti oleh sebuah label , program resume eksekusi pada pernyataan segera
setelah pernyataan berlabel melampirkan atau memblokir.
Contoh Syntax :
for (i=0;
i<max; i++)
{
if
(<loop finished early>)
{
break;
}
}
int type
= <some value>;
switch
(type)
{
case 1:
<statement>
break;
case 2:
<statement>
break;
default:
<statement>
}
Keterangan :
·
Break selalu keluar
dari terdalam melampirkan sementara, untuk melakukan atau switch pernyataan.
5. Byte
5. Byte
Definisi :
Byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bidang
yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata
kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan
nilai tipe byte.
Contoh Syntax :
byte
b = 124;
Keterangan :
·
Kelas byte adalah kelas
wrapper untuk byte bertipe tipe primitif. Ini mendefinisikan MIN_VALUE dari
kontanta MAX_Value mewakili rentang nilai untuk jenis ini.
·
Semua literal integer
dalam Java adalah nilai-nilai int 32-bit kecuali nilai diikuti oleh I atau L
seperti di 235L, menunjukkan nilai harus ditafsirkan sebagai panjang.
6. Case
6. Case
Definisi :
Case kata kunci digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam
pernyataan switch.
Contoh Syntax :
int arg =
<beberapa nilai>;
switch
(arg)
{
case 1:
<Pernyataan>
break;
case 2:
<Pernyataan>
break;
default:
<Pernyataan>
break;
}
Keterangan
:
·
Block case tidak memiliki titik
akhir implisit. Sebuah pernyataan break biasanya digunakan pada akhir setiap
blok case untuk keluar dari pernyataan swich.
·
Tanpa pernyataan break, aliran
eksekusi akan mengalir ke semua case atau default.
7. Catch
7. Catch
Definisi :
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang
dieksekusi jika pengecualian dilemparkan di blok ditentukan oleh sebelumnya try
kata kunci. Kode itu akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan
adalah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch
klausa.
Contoh Syntax :
try
{
<Block
yang dapat membuang pengecualian>
}
catch
(<java.lang.Exception atau subclass> e)
{
<Kode
untuk menangani pengecualian e>
}
try
{
<Block
yang dapat membuang pengecualian yang berbeda>
}
catch
(FooException e)
{
<Kode
untuk menangani FooException e>
}
catch
(BarException e)
{
<Kode
untuk menangani BarException e>
}
try
{
<Block
yang dapat membuang pengecualian>
}
catch
(<java.lang.Exception atau subclass> e)
{
<Kode
untuk menangani pengecualian e>
}
finnaly
{
<Pernyataan
yang mengeksekusi dengan atau tanpa kecuali>
}
Keterangan
:
·
Pembukaan dan pentutupan kurung
kurawal { dan } adalah bagian dari sintaks klausa catch dan mungkin tidak
dihilangkan bahkan jika klausa berisi pernyataan tunggal.
·
Setiap blok try harus memiliki
minimal satu catch atau klausa finnaly.
·
Jika kelas pengecualian tertentu
tidak ditangani oleh klausa catch, pegecualian merambat panggilan tersebut
tumpukan ke blok melampirkan coba berikutnya, rekursif. Jika eksepsi tidak
tertangkap oleh blok try, interpretor Java akan keluar dengan pesan kesalahan dan
stack trace.
8. Char
8. Char
Definisi :
Char kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat
menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga digunakan untuk
menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe char.
Contoh
Syntax :
Char pembatas = ';';
Keterangan :
Konstanta
char yang tersedia :
\b :
Backspace
\f :
Form feed
\n : Newline
\r : Carriage return
\t : Horizontal tab
\’ : Kutipan tunggal
\” : Kutipan ganda
\ : Blackslash
9. Class
9. Class
Definisi :
Suatu jenis yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek tertentu.
Sebuah definisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan metode, dan
kelas batin serta menentukan antarmuka kelas dan segera mengimplementasikan
superclass kelas. Jika superclass tidak secara eksplisit ditentukan, superclass
secara implicit object.
Contoh
Syntax :
public
classRectangle
{
float
width;
float
height;
public
Rectangle(float w, float h)
{
width =
w;
height =
h;
}
public
float getWidth()
{
return
width;
}
public
float getHeight()
{
return
height;
}
}
10. Const
10. Const
Definisi :
Meskipun reserved sebagai kata kunci di Java, const tidak digunakan dan
memiliki fungsi.
11. Continue
11. Continue
Definisi :
Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop saat
ini. Jika diikuti dengan label, continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop
berlabel melampirkan.
Contoh
Syntax :
for (i =
0; i <max, i ++)
{
<Pernyataan>
if
(<dilakukan dengan iterasi ini>)
{
melanjutkan;
}
<Pernyataan>
}
Keterangan
:
·
Selalu melompat ke literasi
berikurnya dari yang terdalam, untuk memunculkan pernyataan.
12. Default
12. Default
Definisi :
Default dapat digunakan dalam sebuah pernyataan switch untuk label blok
pernyataan yang akan dieksekusi jika tidak ada case cocok dengan nilai yang ditentukan.
Contoh
Syntax :
int arg = ;
switch
(arg)
{
case 1:
break;
case 2:
break;
default:
break;
}
Keterangan
:
·
Sebuah blok default tidak memiliki
akhir implisit. Sebuah pernyataan break biasanya digunakan pada akhir dari
masing-masing cas atau blok standar untuk keluar dari pernyataan switch setelah
selesainya blok.
·
Tanpa pernyataan default, pernyataan
switch yang sesuai argumen blok case tidak akan melakukan apa-apa.
13. Do
13. Do
Definisi :
Do kata kunci yang digunakan bersama dengan while untuk membuat sebuah
do-while loop, yang menjalankan suatu blok statemen berkaitan dengan loop dan
kemudian tes ekspresi boolean yang terkait dengan while. Jika ekspresi bernilai
true, blok dijalankan lagi, ini terus sampai ekspresi bernilai false.
Contoh
Syntax :
do
{
}
while
(!found);
Keterangan :
·
Tubuh loop do selalu dijalankan
minimal sekali.
·
Titik koma setelah ekspresi kondisi
selalu dibutuhkan.
14. Double
14. Double
Definisi :
Double kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang
dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa
suatu metode mengembalikan nilai tipe double.
Contoh
Syntax :
doubleratio
= .01;
doublediameter
= 6.15;
doubleheight
= 1.35E03; // 1.35 * 103or 1350.0
doubleheight
= 1e−2; // 1.0 * 10−2or 0.01
Keterangan
:
·
Sejak floating tipe titik data
perkiraan bilangan real, umumnya tidak pernah bandingkan angka floating point
untuk kesetaraan.
·
Nomor floating point Java dapat
mewakili infinity dan NaN (bukan angka). Kelas wrapper ganda mendefinisikan
kontanta MIN_VALUE, MAX_VALUE, NEGATIVE_INFINITY, POSITIVE_INVINITY, dan NaN.
15. Else
15. Else
Definisi :
Else kata kunci yang digunakan bersama dengan if untuk membuat pernyataan
if-else yang menguji suatu ekspresi boolean, jika ekspresi bernilai true,
blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false
blok, dari laporan yang terkait dengan else dievaluasi.
Contoh
Syntax :
if (kondisi)
{
<Pernyataan>
}
else
{
<Pernyataan>
}
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar