Lanjutan ....
16. Enum
Definisi :
Sebuah Java kata kunci yang digunakan untuk
mendeklarasikan tipe enumerasi. Mantri memperpanjang kelas dasar enum.
17. Extends
17. Extends
Definisi :
Digunakan dalam sebuah deklarasi kelas untuk
menentukan superclass. Digunakan dalam deklarasi interface untuk menentukan
satu atau lebih superinterfaces. Kelas X Y meluas kelas untuk menambah
fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau
dengan meng-override metode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih
interface dengan menambahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y
kelas, Interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga
digunakan untuk menentukan batas atas sebuah parameter ketika Generics.
Contoh Syntax :
public class Rectangle extends Polygon
{
}
Keterangan :
·
Dalam contoh diatas,
kelas Rectangle mewarisi semua variabel publik dan dilindungi metode kelas
Polygon.
·
Kelas Rectangle dapat
mengganti metode non final kelas Polygon.
·
Kelas A hanya dapat
memperpanjang satu kelas lainnya.
18. Final
Definisi :
Mendefinisikan entitas sekali yang tidak dapat diubah
atau berasal dari nanti. Lebih spesifik : sebuah kelas akhir tidak dapat
subclassed, metode akhir tidak dapat diganti, dan variabel final dapat terjadi
paling banyak sekali sebagai ekspresi kiri. Semua metode di kelas terakhir
secara implisit final.
Contoh Syntax :
Public final classMyFinalClass
{
}
Public class MyClass
{
Public final String
myFinalMethod()
{
<statements>
}
}
Keterangan :
·
Kelas A mungkin tidak
akan pernah abstrak dan final. Abstrak berarti kelas harus diperluas, sementara
akhir berarti tidak bisa.
·
Sebuah metode mungkin tidak
akan pernah abstrak dan final. Abstrak berarti metode harus diganti, sementara
akhir berarti tidak bisa.
19. Finaly
19. Finaly
Definisi :
Digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statemen
untuk blok yang ditetapkan sebelumnya oleh try kata kunci. Yang finally blok
dijalankan setelah keluar eksekusi try blok dan apapun yang terkait catch
klausa terlepas dari apakah pengecualian terlempar atau tertangkap, atau
eksekusi meninggalkan metode di tengah try atau catch blok menggunakan return
kata kunci.
Contoh Syntax :
Try
{
<Block yang dapat membuang
pengecualian>
}
Cacth (<java.lang.Exception
atau sublass> e)
{
<kode untuk menangani
pengecualian e>
}
Finnaly
{
<pernyataan yang mengeksekusi
dengan atau tanpa kecuali>
}
Keterangan :
·
Pembukaan dan penutupan
kurung kurawal { dan } adalah bagian dari sintaks akhirnya klausa dan mungkin
tidak dihilangkan jika klausa berisi pernyataan tunggal.
·
Setiap mencoba blok
harus memiliki minimal satu catch atau akhirya klausa.
·
Jika ada bagian dari
blok try dijalankan, kode di blok finnaly selalu dijamin akan dieksekusi apakah
pengecualian terjadi atau tidak dan terlepas dari apakah mencoba atau blok
catch mengandung contain return, continue atau break pernyataan.
·
Dengan tidak adanya
pengecualian, kontrol mengalir melalui blok try dan kemudian ke blok finnaly.
·
Jika pengecualian
terjadi selama eksekusi dari blok try dan blok catch yang sesuai berisi break,
continue atau pernyataan kembali, kontrol mengalir melalui blok finnaly sebelum
jeda, lanjutkan atau kembali terjadi.
20. Float
20. Float
Definisi :
Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah
lapangan yang dapat memegang 32-bit presisi tunggal IEEE 754-angka floating
point. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode
mengembalikan nilai tipe float.
Contoh Syntax :
Floatratio = .01;
Floatdiameter = 6.15;
Floatheight = 1.35E03; // 1.35 *
103or 1350.0
Floatheight = 1e-2; // 1.0 *
10-2or 0.01
Keterangan :
Aturan berlaku untuk penggunaan kata kunci :
·
Floating point literal
di Java selalu default ke presisi ganda. Untuk menentukan preseie tunggal
literal nilai, diikuti nomor dengan f atau F, seperti dalam 0.01f.
·
Sejak floating tipe
titik perkiraan bilanga real, umumnya tidak pernah dibandingkan angka floating
point untuk kesetaraan.
·
Nomor floating point
Java dapat mewakili infinity dan NaN (bukan angka). Kelas float wrapper
mendefinisikan konstanta MIN_VALUE, MAX_VALUE, NEGATIVE_INFINITY<
POSITIVE_INFINITY dan NaN.
21. For
21. For
Definisi :
For kata kunci digunakan untuk membuat loop , yang
menetapkan inisialisasi variabel, suatu ekspresi boolean, dan suatu
incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian
ekspresi boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang
berhubungan dengan loop dijalankan, dan kemudian incrementation yang dilakukan.
Ekspresi boolean kemudian dievaluasi lagi, ini terus sampai ekspresi bernilai
false pada J2SE 5.0, maka for kata kunci juga dapat digunakan untuk membuat apa
yang disebut ditingkatkan untuk loop, yang menentukan sebuah array atau
interable objek. Setiap iterasi dari loop mengeksekusi blok terkait laporan
menggunakan elemen yang berbeda dalam array atau Iterable.
Contoh Syntax :
int i;
for (i =0; i<max, i++)
{
<Pernyataan>
}
Keterangan :
·
Untuk pernyataan
mengambil formulir untuk (inisialisasi; kondisi; increment) Pernyataan
intialize dijalankan sekali sebagai aliran kontrol memasuki pernyataan. Kondisi
ini dievaluasi sebelum setiap pelaksanaan tubuh loop. Tubuh loop dijalankan
jika kondisi benar.
·
Pernyataan kenaikan
dieksekusi setelah setiap pelaksanaan tubuh loop, sebelum kondisi dievaluasi
untuk literasi berikutnya.
22. Goto
22. Goto
Definisi :
Meskipun reserved sebagai kata kunci di Java, goto
tidak digunakan dan memiliki fungsi pada java.
23. If
23. If
Definisi :
If kata kunci digunakan untuk membuat pernyataan jika
yang menguji suatu ekspresi boolean, jika ekspresi bernilai true, blok
pernyataan yang berhubungan dengan jika pernyataan dijalankan. Kata kunci ini
juga dapat digunakan untuk membuat pernyataan jika-lain.
Contoh Syntax :
If (kondisi);
{
<Pernyataan>
}
If (kondisi)
{
<pernyataan>
}
Else
{
<pernyataan>
}
Keterangan :
·
Jika pernyataan mungkin
memiliki klausul opsional lain kode yang mengandung dieksekusi jika kondisi
palsu.
·
Pernyataan yang berisi
operan boolean hanya dapat berisis operan boolean.
24. Implement
24. Implement
Definisi :
Termasuk dalam sebuah deklarasi kelas untuk menentukan
satu atau lebih interface yang diimplementasikan oleh kelas saat ini. Kelas A
mewarisi jenis dan metode abstrak dinyatakan oleh interface.
Contoh Syntax :
public class Truck
implementsIVehicle
{
}
Keterangan :
·
Dalam contoh di atas,
kelas Truk harus menyediakan implementasi untuk semua metode yang
dideklarasikan dalam Vechile antarmuka.
·
Kelas truk dinyatakan
independen, mungkin menyatakan metode tambahan dan variabel dan mungkin
memperpanjang kelas lain.
·
Sebuah kelas tunggal
dapat mengimplementasikan beberapa interface.
25. Import
25. Import
Definisi :
Digunakan pada awal sebuah file sumber untuk menentukan
kelas atau seluruh paket Java untuk disebut kemudian tanpa termasuk paket-paket
mereka nama-nama dalam referensi. Sejak J2SE 5.0, import laporan dapat mengimpor
static anggota kelas.
Contoh Syntax :
impott java.io.File;
import java.net. *;
Keterangan :
·
Banyak programmer Java menggunakan
pernyataan impor hanya spesifik (tidak ada ‘*’) untuk menghindari ambiguitas
ketika beberapa paket berisi kelas dengan nama yang sama.
26. Instanceof
26. Instanceof
Definisi :
Sebuah operator biner yang menggunakan sebuah
referensi obyek sebagai operan pertama dan kelas atau antarmuka sebagai operan
kedua dan menghasilkan hasil Boolean. Operator bernilai true jika dan hanya
jika jenis objek runtime adalah tugas kompatibel dengan kelas atau interface.
Contoh Syntax :
if (simpul instanceof TreeNode)
{
<pernyataan>
}
Keterangan :
·
Dalam contoh di atas,
jika simpul adalah turunan dari kelas TreeNode atau turunan dari subclass dari
TreeNode, ekspresi bernilai true :
27. Int
27. Int
Definisi :
Int kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah
lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci
ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe
int.
Contoh Syntax :
int jumlah = 5;
int octralNumber = 0.377;
int hexNumber = 0xff;
Keterangan :
·
Kelas integer adalah
wrapper class untuk tipe primitif ini. Mendefinisikan MIN_VALUE dan konstanta
MAX_VALUE mewakili rentang nilai untuk jenis ini.
·
Semua literal integer
dalam Java adalah nilai-nilai adalah nilai-nilai int 32-bit kecuali nilai
diikuti oleh I atau L seperti di 235L, menunjukkan nilai harus ditafsirkan
sebagai panjang.
28. Interface
28. Interface
Definisi :
Digunakan untuk menyatakan tipe khusus kelas yang
hanya berisi metode abstrak, konstan ( static final ) Bidang dan static
interface. Hal ini nantinya dapat diimplementasikan oleh kelas yang menyatakan
antarmuka dengan implements kata kunci.
Contoh Syntax :
public interfaceIPolygon
{
Public float getArea();
Public int getNumberOfSides();
Public int getCuricumference();
}
Keterangan :
·
Setiap kelas yang
mengimplementasikan interface harus menyediakan implementasi untuk semua metode
dalam interface itu.
·
Sebuah kelas tunggal
dapat mengimplementasikan beberapa interface.
29. Long
29. Long
Definisi :
Long kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah
lapangan yang dapat memegang 64-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci
ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe
long.
Contoh Syntax :
Jumlah panjang = 5;
Panjang anotherNumber = 34590L;
octralNumber panjang = 0.377;
hexNumber panjang = 0xffl;
Keterangan :
·
Kelas long adalah kelas
wrapper untuk tipe primitif panjang. Ini endefinisikan MIN_VALUE dan konstanta
MAX_VALE mewakili rentang nilai untuk jenis ini.
·
Semua literal integer
dalam Java adalah nilai-nilai int 32-bit kecuali nilai diikuti oleh I ata L
seperti di 235L, menunjukkan nilai harus ditafsirkan sebagai panjang.
30. Native
30. Native
Definisi :
Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan
bahwa metode ini tidak diimplementasikan dalam file sumber Java yang sama,
melainkan dalam bahasa lain.
Contoh Syntax :
native String getProcessorType();
Keterangan :
·
Metode native berada di
luar ruang lingkup dokumentasi ini.
31. New
31. New
Definisi :
Digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah kelas atau array.
Contoh Syntax :
String sName = newString();
Float fVal = newFloat (0.15);
Keterangan :
·
Argumen berikut kata
kunci baru harus nama kelas diikuti oleh serangkaian konstruktor argumen dalam
tanda kurung diperlukan.
·
Koleksi argumen harus
sesuai dengan tanda tangan konstruktor untuk kelas.
·
Jenis variabel di sisi
kiri = harus tugas-kompatibel denan kelas atau antarmuka yang dipakai.
32. Package
32. Package
Definisi :
Sekelompok jenis. Paket dinyatakan dengan package kata
kunci.
Contoh Syntax :
Packagecom.mycompany,
Pulic class Myclass
{
}
Keterangan :
·
Pernyataan paket, jika
ada, harus menjadi yang pertama non-teks komentar dalam file sumber java.
·
Dalam contoh di atas,
nama kelas fully-qualited dari kelas MyClass adalah com.mycompany.MyClass.
·
Jika file sumber Java
tidak mengandung pernyataan paket, kelas didefinisikan dalam file berada di
paket standar. Perhatikan bahwa kelas dalam paket standar tidak dapat dirujuk
dari kelas di paket non-default.
33. Private
33. Private
Definisi :
Private kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan,
metode, atau kelas batin. Anggota swasta hanya dapat diakses oleh anggota lain
dari kelas mereka sendiri.
Contoh Syntax :
public class MyPublicClass
{
Privateclass MyPrivateClass
{
}
Privateint i;
privateString myMethod()
{
<statements>
}
}
Keterangan :
·
Sebuah kelas, metode
atau lapangan hanya dapat dirujuk dari kelas dimana dideklarasikan. Hal ini
tidak terlihat di luar kelas atau subclass.
·
Akses default untuk
semua anggota kelas adalah akses paket, yang berarti bahwa kecuali akses
tertentu kontrol pengubah hadie anggota kelas dapat diakses dalam kelas apapun
di sama paket.
34. Protected
34. Protected
Definisi :
Protected kata kunci yang digunakan dalam pembagian
lapangan, metode, atau kelas batin. Anggota yang dilindungi hanya dapat diakses
oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang
sama.
Contoh Syntax :
Public class MyPublicClass
{
Protectedclass MyprivateClass
{
}
Protectedint i;
protectedString myMethod()
{
<statements>
}
}
Keterangan :
·
Sebuah kelas, metode
dilindungi atau lapangan dapat dirujuk dari dalam kelas di mana dinyatakan,
setiap kelas-kelas lain dalam paket yang sama, dan setiap subclass terlepas
dari paket yang subclass adalah dideklarasikan.
·
Akses default untuk
semua anggota kelas adalah akses paket, yang berarti bahwa kecuali akses
tertentu kontrol pengubah hadir anggota kelas dapat diakses dari dalam kelas
apapun di sama paket.
35. Public
35. Public
Definisi :
Public kata kunci yang digunakan dalam deklarasi metode,
kelas, atau bidang, kelas umum, metode, dan bidang dapat diakses oleh anggota
dari setiap kelas.
36. Return
36. Return
Definisi :
Digunakan untuk menyelesaikan pelaksanaan metode. Hal
ini dapat diikuti oleh suatu nilai yang diperlukan oleh definisi metode yang dikembalikan
ke pemanggil.
37. Short
37. Short
Definisi :
Short kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang
yang bisa menampung 16-bit integer melengkapi menandatangani dua. Kata kunci
ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe
short.
38. Static
38. Static
Definisi :
Digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan, metode
atau kelas batin sebagai bidang kelas. Kelas mempertahankan satu salinan bidang
kelas terlepas dari berapa banyak contoh yang ada dari kelas itu. Static juga
digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode sebagai metode kelas. Kelas metode
yang terikat ke kelas, bukan ke contoh spesifik, dan hanya dapat beroperasi
pada kolom kelas. (Kelas dan interface dideklarasikan sebagai static anggota
lain kelas atau interface sebenarnya top-level kelas dan tidak inner class).
39. Strictfp
39. Strictfp
Definisi :
Sebuah kata kunci Java yang digunakan untuk membatasi
presisi dan pembulatan perhitungan floating point untuk memastikan
portabilitas.
40. Super
40. Super
Definisi :
Digunakan untuk mengakses anggota kelas diwariskan
oleh kelas di mana ia muncul. Memungkinkan subclass untuk mengakses ditimpa
metode dan anggota tersembunyi dari superclass nya. Super kata kunci juga
digunakan untuk meneruskan panggilan dari konstruktor ke konstruktor di superclass.
Juga digunakan untuk menentukan batas bawah pada sebuah parameter ketika
Generics.
41. Switch
41. Switch
Definisi :
Switch kata kunci digunakan dalam hubungannya dengan case dan default untuk
membuat pernyataan switch, yang mengevaluasi sebuah variabel, nilai cocok untuk
tertentu case, dan mengeksekusi blok pernyataan terkait dengan case . Jika
tidak ada case nilai cocok, blok opsional diberi label oleh default dieksekusi
jika dimasukkan.
42. Synchronized
42. Synchronized
Definisi :
Digunakan dalam deklarasi atau blok kode metode untuk mendapatkan mutex
kunci untuk objek sedangkan saat benang mengeksekusi kode. Untuk
metode statis, objek terkunci adalah kelas Class. Menjamin bahwa paling banyak
satu thread pada waktu operasional pada obyek yang sama mengeksekusi kode
tersebut. Kunci mutex secara otomatis dilepaskan ketika keluar eksekusi kode
disinkronisasi. Fields, kelas dan interface tidak dapat dinyatakan sebagai disinkronisasi.
43. This
43. This
Definisi :
Digunakan untuk mewakili sebuah instance dari kelas di mana ia muncul. This
dapat digunakan untuk mengakses anggota kelas dan sebagai referensi untuk
contoh saat. Yang this kata kunci juga digunakan untuk meneruskan panggilan
dari satu konstruktor di kelas untuk konstruktor lain di kelas yang sama.
44. Throw
44. Throw
Definisi :
Penyebab contoh pengecualian dinyatakan dibuang. Hal ini menyebabkan
eksekusi untuk melanjutkan dengan pengecualian penangan melampirkan pertama
dinyatakan oleh catch kata kunci untuk menangani exception jenis tugas yang
kompatibel. Jika tidak ada handler pengecualian tersebut ditemukan dalam metode
yang sekarang, maka kembali metode dan proses ini diulang dalam metode
panggilan. Jika tidak ada handler ditemukan pengecualian dalam pemanggilan
metode di stack, maka pengecualian dilewatkan ke handler pengecualian thread itu
tidak tertangkap.
45. Throws
45. Throws
Definisi :
Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan pengecualian tidak
ditangani dalam metode melainkan diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi program
berikutnya. Semua tertangkap pengecualian dalam sebuah metode yang tidak kasus
Runtime Exception harus dideklarasikan menggunakan throws kata kunci.
46. Transient
46. Transient
Definisi :
Menyatakan bahwa medan contoh bukan bagian dari default serial bentuk
objek. Ketika suatu objek serial, hanya nilai-nilai bidang non-sementara
perusahaan misalnya dimasukkan dalam representasi serial default. Ketika suatu
objek deserialized, ladang sementara yang diinisialisasi hanya untuk nilai
default mereka. Jika bentuk standar tidak digunakan, misalnya ketika sebuah
tabel serial Persistent Fields ini dideklarasikan pada hirarki kelas, semua
sementara kata kunci diabaikan.
47. Try
47. Try
Definisi :
Mendefinisikan blok pernyataan yang telah exception handling. Jika
pengecualian dilemparkan dalam try blok, opsional catch blok dapat menangani
menyatakan jenis pengecualian. Juga, opsional finally blok dapat dideklarasikan
yang akan dijalankan ketika keluar eksekusi try blok dan catch klausa, terlepas
dari apakah pengecualian dibuang atau tidak. Sebuah try blok harus memiliki
minimal satu catch klausa atau finally blok.
48. Void
48. Void
Definisi :
Void kata kunci digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metoda tidak mengembalikan
nilai apapun.
49. Volatile
49. Volatile
Definisi :
Digunakan dalam deklarasi lapangan untuk menentukan bahwa variabel yang
diubah asynchronously oleh bersamaan menjalankan thread. Metode, kelas dan
interface sehingga tidak dapat dideklarasikan volatile.
50. While
50. While
Definisi :
While kata kunci digunakan untuk membuat loop sementara, yang menguji suatu
ekspresi Boolean dan mengeksekusi blok pernyataan yang berhubungan dengan loop
jika ekspresi bernilai true. Ini terus sampai ekspresi bernilai false . Kata
kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah do-while-loop.
Contoh program sederhana dalam Java
:
Untuk menginput “Hello, Word! Pada
java :
public class HelloWorld {
public static void main(String args[]) {
System.out.println("Hello, world!");
}
}
Contoh Syntax dengan bahasa Java
</pre>
package syntaxdasar_java;
import java.util.Scanner;
class kelas
{
public void buku()
{
Scanner inp = new Scanner(System.in);
String kodekue;
String namakue;
String namadrink;
System.out.println("Masukkan
kode kue yang Anda inginkan : ");
kodekue = inp.next();
System.out.println("Masukkan nama kue
yang Anda pesan : ");
namakue = inp.next();
System.out.println("Masukkan nama minuman
yang Anda pesan : ");
namadrink = inp.next();
System.out.println("--- Pesanan
Anda Telah Terdaftar ---");
System.out.println("Pesanan Anda
dengan kode "+kodekue+ " dengan nama kue " +namakue+ " & minuman " +namadrink+ " telah selesai");
}
}
public class Main
{
public static void main(String[] args)
{
kelas yan = new kelas();
yan.buku();
}
}
<pre>
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar