Kamis, 09 Oktober 2014

Unified Modelling Language

UML (Unifed Modelling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object Oriented). UML tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemrograman visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemrograman seperti JAVA, C++. Visual Basic, atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object oriented database.

Soal :


Jawaban :
1. Membuat kelas dengan nama Mahasiswa
Source code :
public class Mahasiswa
{
    private int nim;
    private String address;
    private String name;   

    public void setNIM (int nim)
    {
        this.nim=nim;
    }
   
    public int getNIM()
    {
        return nim;
    }

    public void setName (String nama)
    {
        this.name=nama;
    }

    public String getName()
    {
        return name;
    }
   
    public void setAddress(String alamat)
    {
        this.address=alamat;
    }

    public String getAddress()
    {
        return address;
    }
}

Tampilan :



2. Membuat kelas dengan nama peminjaman
Source code :
public class Peminjaman
{
    public Buku bukuDipinjam;
    public Mahasiswa anggota;
   
    void peminjaman (Mahasiswa member, Buku book)
    {
        anggota=member;
        bukuDipinjam=book;
    }
   
    void lihatdatapeminjaman ()
    {
        System.out.println ("DATA PEMINJAMAN BUKU");
        System.out.println ("NIM : " +anggota.getNIM());
        System.out.println ("Nama : " +anggota.getName());
        System.out.println ("Alamat : " +anggota.getAddress());
        System.out.println ("Judul Buku : " +bukuDipinjam.getTitle());
        System.out.println ("Nama Penulis : " +bukuDipinjam.getWriter());
    }
}

Tampilan :



3. Membuat kelas dengan nama Buku
Source code :
public class Buku
{
    protected String title;
    protected String writer;
   
    public void setTitle (String title)
    {
        this.title=title;
    }
   
    public String getTitle()
    {
        return title;
    }
   
    public void setWriter (String writer)
    {
        this.writer=writer;
    }
   
    public String getWriter ()
    {
        return writer;
    }
}

Tampilan :




4. Membuat kelas dengan nama komik
Source code :
public class Komik extends Buku
{
    Boolean gambar;
}

Tampilan :


5. Membuat kelas untuk mengetest, contoh dengan namaPeminjaman Test
Source code :
public class PeminjamanTest
{
    public static void main (String [] args)
    {
        Buku bukuku=new Buku();
        Mahasiswa siswa=new Mahasiswa();
        Peminjaman pinjam=new Peminjaman();
        Komik book=new Komik();
       
        siswa.setNIM (85);
        siswa.setName ("Desianny Amalia Fauziah");
        siswa.setAddress ("Pemalang");
       
        bukuku.setTitle("Pemrograman Berorientasi Object");
        bukuku.setWriter ("Alfa Faridh Suni");
       
        book.setTitle("One Piece");
        book.setWriter("Sulthon");
       
        pinjam.peminjaman (siswa, bukuku);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
       
        pinjam.peminjaman (siswa, book);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
    }
}

Tampilan :



6. Tampilan ketika di run


Tidak ada komentar:

Posting Komentar